TIPE TIPE INTERAKSI, MANIPULASI LANGSUNG, DAN BAHASA PERINTAH DAN BAHASA NATURAL (ALAMI)

I. TIPE – TIPE INTERAKSI
Interaksi bisa dikatakan sebagai dialog antara user dengan komputer. Terdapat beberapa model atau jenis interaksi manusia (user) dan komputer :

1. Command Line Interface (Berinteraksi menggunakan satu baris perintah)
Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Kelebihannya adalah perintah diketikan langsung pada system. Misal Terminal console (Linux), UNIX, Command prompt. Bisa diterapkan pada terminal yang murah. Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file. Kekurangannya adalah perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk user biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Disini juga diperlukan kemampuan mengetik.
Contoh : Unix, Linux (Terminal, Console), Command prompt.

Tampilan Terminal Console

Tampilan Command Prompt

2. Menu (Pilihan yang disediakan oleh suatu perangkat lunak)
Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnya dengan mengklik tombol start menu dan muncul macam-macam menu yang tersedia untuk dipilih. Kelebihan : User tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah. Kekurangan : Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert user dibanding command language. Contoh : Start Menu di Windows, Menu di dalam suatu aplikasi.

Tampilan Start Menu Linux

Tampilan Start Menu Windows

3. Natural Language (bahasa alami)
Pengguna memberikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum (familiar) sifatnya. Pemberian-perintah dengan menggunakan pengenalan tutur atau mengetikkan bahasa alami lewat keyboard. Masalah yang muncul dalam interaksi dalam bentuk natural language adalah :
• Tidak jelas/samar
• Dapat mempunyai lebih dari satu arti (ambiguous)
• Sulit dalam perancangannya
• Tidak efisien
Contoh natural language adalah bahasa pemrograman terstruktur (belum objek) seperti Pascal, Cobol, RPG, ADA, C, C++.

Tampilan Turbo Pascal

Contoh penulisan natural language :
==> Instruksi bahasa alami :
“Cetak daftar semua mahasiswa yang mempunyai IP semester lebih besar dari 3.0”
==> Dalam perintah dBASE :
DISPLAY ALL FOR IPSEM Dalam Pascal:
While not eof (T) do
begin
readln(T,S);
if S.IpSem < 3.0 then
writeln(S.NamaMahaiswa);
end;

4. Question/answer and query dialogue
Q/A and query dialogue merupakan mekanisme sederhana untuk input pada beberapa aplikasi. User diberikan serangkaian pertanyaan umumnya dalam bentuk jawaban “ya” atau “tidak”, pilihan ganda, atau dalam bentuk kode, dan dibimbing tahap demi tahap selama proses interaksi. Interface ini mudah untuk dipelajari, namun terbatas fungsinya.
Contoh : mysql, dbase interaktif, dll.

Tampilan Mysql

5. Form-fills and spreadsheets
Form-fills and spreadsheets yang dilakukan dengan cara mengisi area-area pada form. Kelebihannya adalah masukan data yang sederhana dan mudah dipelajari. Kekurangannya adalah memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan user.
Untuk membangun form fill yang baik agar interaksinya mudah, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :
1. Proteksi tampilan
Adanya pembatasan agar pengguna tidak dapat mengakses semua tampilan yang ada di layar monitor.
2. Batasan medan tampilan
Medan data dapat ditentukan mempunyai panjang yang tetap atau berubah, menggunakan format bebas atau tertentu.
3. Isi medan
Pengguna biasanya mempunyai sejumlah gambaran tentang isi medan yang diperbolehkan. Petunjuk pengisian dapat juga ditampilkan sebagai bagian dari tampilan.
4. Medan opsional
Beberapa medan isian dapat bersifat opsional. Medan opsional dapat dinyatakan secara tekstual atau menggunakan aturan tertentu, seperti penggunaan warna berintensitas rendah, warna tampilan yang berbeda, dan lain-lain.
5. Default
Apakah dalam medan isian dimungkinkan adanya nilai default. Jika ya, tentukan tempatnya, apakah pada bagian yang tidak dapat diakses pengguna ataukah pada bagian pemasukan data.
6. Bantuan
Adanya bantuan (help) yang menunjukkan cara pengisian borang, tetapi harus terpisah dari bentuk dasar borang. Jika terdapat fasilitas bantuan, pengguna perlu diberitahu cara mengakses.
7. Medan penghentian
Masukan data dalam medan dapat diakhiri dengan jalan menekan tombol Enter atau Return atau mengisi karakter terakhir dengan karakter tertentu atau dengan cara berpindah ke medan lain.
8. Navigasi
Kursor dapat digerakan di sekeliling layar menggunakan tombol Tab untuk urutan yang tetap, atau dapat pula digerakkan secara bebas menggunakan mouse.
9. Pembetulan kesalahan
Pengguna dapat membetulkan kesalahan dengan menggunakan tombol BackSpace dengan menindihi (overwrite) isian lama, dengan jalan membersihkan dan mengisi kembali medan tersebut, dan lain-lain.
10. Penyelesaian
Perlu diperhatikan cara yang digunakan untuk memberitahu pengguna bahwa seluruh proses pengisian telah selesai.
Contoh form-fill dan spreadsheets :

Contoh Tampilan Form Fill

Tampilan Open Office Spreadsheet

6. WIMP interface (Windows, Icons, Menu, and Pointers interface)
WIMP merupakan ragam default dari sebagian besar aplikasi sistem komputer saat ini. WIMP adalah ragam interaksi yang berbasis pada:
• Window
Window adalah area pada layar yang mempunyai sifat seperti terminal yang independent. Dapat terdiri dari teks atau grafis. Dapat saling overlap dan menutupi yang lain, atau tersusun seperti keramik lantai. Mempunyai fasilitas scrollbars yang memungkinkan pengguna untuk menggerakkan isi window ke atas-bawah atau menyamping. Mempunyai title bars yang menunjukkan nama window.

Tampilan Beberapa Window

• Icon
Icon berupa lukisan atau gambar berukuran kecil yang mewakili suatu obyek dalam antarmuka, dapat suatu window atau tindakan. Icon juga dapat merupakan bentuk window yang dapat ditutup menjadi semacam representasi kecil, sehingga dapat memuat/mengaktifkan banyak window. Icon dapat bervariasi, mulai dari simbol yang abstrak sampai gambaran realitas.

Tampilan Beberapa Icon

• Menu
Menu berupa pilihan operasi atau fungsi yang disediakan pada layar. Pemilihan menu dilakukan dengan menggunakan pointer. Kelemahan dari menu dapat memakan ruang layar, maka dari itu sebaiknya menu hanya muncul saat dibutuhkan.

Tampilan Menu Pada Ms. Word

• Pointer / Pull Up (Down)
Pointer merupakan komponen penting. Ragam WIMP bertumpu pada proses penunjukkan dan pemilihan sesuatu. Proses penunjukan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan mouse. Selain itu, juga dapat menggunakan joystick, trackball, atau tombol panah pada keyboard.

(a) Tampilan pull down / up, (b)Tampilan bentuk-bentuk pointer

II. MANIPULASI LANGSUNG
Manipulasi langsung adalah penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer.

A. Penerapan Manipulasi Langsung
a.Kontrol Proses
Kontrol proses di dalam berbagai industri, misalnya pada pembangkitan dan penyaluran listrik dan industri makanan berskala besar biasanya memanfaatkan tampilan visual yang berupa panel-panel kontrol yang dihubungkan ke suatu sistem pengontrol berbasis komputer. Dalam perkembangannya, panel-panel kontrol yang semula menempel pada dinding tembok, sehingga memerlukan ruangan yang cukup besar, kemudian diubah menjadi semacam tampilan yang dapat digambarkan pada layar komputer, sehingga operator akan lebih nyaman.

b.Editor Teks
Konsep WYSIWYG (what you see is what you get) merupakan fenomena pengolah kata modern yang banyak sekali memberikan kemudahan pada pengguna. Pengguna akan mendapatkan hasil cetakan seperti apa yang muncul pada layar tampilan. Sehingga, ketika pengguna melakukan manipulasi atas suatu teks pada layar, maka sebenarnya ia juga melakukan manipulasi atas hasil cetakan yang ia harapkan.

c. Simulator
Simulator merupakan sistem miniatur yan mencoba menirukan kerja suatu sistem yang berskala sangat besar atau sangat kecil jika dilihat dari kacamata orang awam. Contohnya misalnya pada simulator penerbangan. Di dalam simulator penerbangan, seorang calon pilot seolah-olah sedang berada di dalam sebuah pesawat yang menjadi tanggung jawab secara penuh. Kesalahan yang sangat kecilpun akan sangat dirasakan oleh calon pilot yang ada didalam sebuah simulator itu. Meski dengan tampilan yang tidak selengkap papan kontrol papan pada pesawat, seseorang dapat mempelajari hal-hal yang sangat mendasar agar ia dapat menerbangkan suatu pesawat terbang.

d. Kontrol Lalu lintas penerbangan
Sistem radar berpegang pada adanya kemampuan untuk mengenal pola bentuk-bentuk tertentu seperti yang dapat dikerjakan oleh manusia. Dalam hal ini, dunia tiga dimensi tempat sebuah pesawat sedang menjelajahi dunia ini akan diterjemahkan ke dalam layar dua dimensi yang ada di hadapan seorang operator. Lewat tampilan dua dimensi, yang merefleksikan dunia tiga dimensi itulah seorang operator dapat mengontrol lalu lintas penerbangan.

e.Perancangan Bentuk/model (computer aided design)
Saat sekarang kita dapat melihat berbagai program aplikasi untuk perancangan suatu sistem. Contoh yang paling populer barangkali adalah sebuah program yang bernama dengan Auto CAD. Dengan program ini kita dapat merancang suatu model pesawat terbang, baik dengan tampilan yang disebut dengan wireframe model maupun berupa tampilan seperti sebuah pesawat yang sesungguhnya dengan memanfaatkan fasilitas rendering yang dimilikinya. Program ini juga sering dimanfaatkan untuk melakukan pemetaan berbasis komputer (computer-based mapping).

B. Keuntungngan dan Kekurangan Manipulasi Langsung– Keuntungan dari manipulasi langsung :
– Keuntungan manipulasi langsung :
• Kompatibilitas kendali dan tampilan.
• Lebih sedikit sintaks, karena itu tingkat kesalahan berkurang.
• Lebih banyak pencegahan kesalahan.
• Lebih cepat dipelajari dan lebih mudah diingat.
• Mendorong penjelajahan.
– Kekurangan dari manipulasi langsung :
• Memakan lebih banyak sumber daya sistem.
• Beberapa aksi menyusahkan.
• Teknik makro sering lemah.
• Sulit dicatat dan ditelusuri.
• Sulit digunakan oleh pemakai yang pengelihatannya terganggu.

C. Contoh – Contoh dari Manipulasi Langsung
a. Command-line vs display editor vs word processors
Pada 1980-an, mengedit teks dilakukan dengan bahasa perintah berorientasi baris. Dengan display editor kinerja meningkat dan waktu belajar berkurang. Awal 1990-an, word processor yang bersifat WYSIWYG diperkenalkan. Beberapa kelebihan WYSIWYG word processor :
– Menampilkan sehalaman penuh teks
– Menampilkan dokumen dalam bentuk sebagaimana akan terlihat pada bentuk cetakan.
– Menampilkan aksi kursor yang terlihat.
– Mengendalikan kursor dengan cara yang jelas secara fisik dan alami intuitif.
– Menggunakan ikon berlabel.
– Menampilkan hasil aksi segera.
– Memberikan respons dan tampilan yang cepat.
– Memungkinkan aksi dibatalkan.
Teknologi yang Diturunkan dari Pengolah Kata :
• Integrasi grafik, spreadsheet, animasi, foto, dll. dalam badan dokumen (Windows: OLE).
• Desktop publishing software, mis.: Adobe PageMaker, Corel Ventura.
• Slide-presentation software, mis.: Microsoft PowerPoint.
• Hypermedia environments, mis.: WWW, HyperCard.
• Fasilitas makro yang diperbaiki, misalnya pada Microsoft Office.
• Spelling checkers dan thesaurus, misalnya pada Microsoft Office.
• Grammar checkers, misalnya pada Microsoft Office.
• Document assemblers, misalnya Microsoft Office wizards.

b. Spreadsheet
Lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan baris. Mendukung formula, makro, grafik. Contoh: VISICALC, Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, Lotus Improv.

c. Spatial data Management
Representasi spasial dalam bentuk peta. Digunakan dalam sistem informasi geografis (GIS). Contoh: ArcView GIS dari ESRI, Inc.

d. Video games

e. Computer-aided design (CAD)

f. Office automation

D. Penjelasan tentang Manipulasi Langsung
Masalah-masalah dengan manipulasi langsung adalah :
• Representasi visual atau visual dapat terlalu menyebar.
• Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual.
• Representasi visual dapat menyesatkan.
• Mengetik perintah di keyboard bisa lebih cepat.

Sifat-sifat sistem manipulasi langsung yang menguntungkan :
• Pemula dapat belajar dengan cepat.
• Ahli dapat bekerja dengan cepat.
• Pemakai intermittent dapat mempertahankan konsep operasional.
• Pesan kesalahan jarang dibutuhkan.
• Pemakai langsung melihat jika aksi malah memperjauh tujuan mereka.
• Lebih sedikit ketegangan.
• Pemakai lebih percaya diri dan menguasai sistem.

E. Pemikiran Visual dan Ikon
• Konsep bahasa visual dan pemikiran visual diajukan oleh Rudolf Arnheim (1972).
• Arah baru pemikiran visual: WIMP (Windows, Icons, Mouse, Pull-down Menu).
• Ikon adalah gambar atau simbol yang mewakili suatu konsep.
• Pedoman perancangan ikon:
– Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal.
– Batasi jumlah ikon yang tampil.
– Buat agar ikon jelas terlihat dari latar belakangnya.
– Pertimbangkan ikon tiga dimensi: menarik tapi bisa mengalihkan perhatian.
– Pastikan ikon yang terpilih jelas ketika dikelilingi yang tidak terpilih.
– Pastikan ikon dapat dibedakan dari yang lain.
– Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon.
– Rancang animasi pergerakan ikon.
– Tambahkan informasi rinci.
– Pikirkan penggunaan kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau aksi baru.

F. Manipulasi Langsung Remote
Piranti dapat dioperasikan dari jarak jauh jika antarmuka pemakai yang memadai dapat dibangun. Contoh: telemedicine, yaitu perawatan medis melalui saluran komunikasi.
Arsitektur lingkungan manipulasi langsung remote mempunyai beberapa faktor komplikasi:
– Penundaan waktu.
– Penundaan transmisi.
– Penundaan operasi.
– Umpan balik yang tidak lengkap.
– Umpan balik dari berbagai sumber.
– Interferensi yang tidak diantisipasi.

III. BAHASA PERINTAH DAN BAHASA NATURAL (ALAMI)
A. Tujuan Dasar Bahasa
• Presisi.
• Kekompakan.
• Kemudahan dalam penulisan dan pembacaan.
• Mudah dipelajari.
• Sederhana, mengurangi kesalahan.
• Mudah diingat.

B. Tujuan Tingkat Lebih Tinggi
• Hubungan yang dekat antara realitas dan notasi
• Kemudahan dalam melaksanakan manipulasi yang relevan dengan tugas
• Kompatibilitas dengan notasi yang telah ada.
• Fleksibilitas untuk mengakomodasi pemakai pemula dan ahli.
• Ekspresif, mendukung kreativitas.
• Daya tarik visual.
• Kendala-kendala Penggunaan Bahas
• Kapasitas manusia mengingat notasi.
• Kecocokan antara ingatan dan media penampil.
• Kemudahan berbicara (mengucapkan).
• Bahasa Komputer
Bahasa komputer yang efektif harus tidak hanya merepresentasikan tugas pemakai dan memenuhi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi, tetapi juga harus selaras dengan mekanisme perekaman, manipulasi, dan penampilannya di komputer.

C. Beberapa Contoh Bahasa Komputer
Bahasa pemrograman
1. Pemakaian noninteraktif: Fortran, COBOL, ALGOL, PL/I, Pascal.
2. Inkremental: BASIC, LISP, APL, PROLOG.
3. Kompilasi dan eksekusi cepat: C.
4. Pemrograman tim, sharing, reusability: ADA, C++.
5. Jaringan, cross-platform: Java.
6. Scripting World Wide Web: PHP, JavaScript, VBScript.

Alamat World Wide Web
1. Bahasa database query : SQL .
2. Bahasa perintah command line : perintah Unix , MS-DOS .
3. Strategi Organisasi Perintah
4. Simple command set
5. Command plus arguments
6. Command plus options and arguments
7. Hierarchical command structure

Setiap perintah dipilih untuk melaksanakan tugas (task) tunggal, jumlah perintah sama dengan jumlah tugas.
Contoh: vi editor (Unix)
0 : go to start of line
$ : go to end of line
(space) : go right one space
H : go left one space
W : forward one word
b : backward one word
) : forward one sentence
( : backward one sentence

Command Plus Arguments
Perintah diikuti argumen yang menunjukkan objek yang dimanipulasi.
Contoh:
COPY FILEA FILEB
DEL FILEA
Label keyword dapat membantu untuk meningkatkan keterbacaan dan meniadakan urutan.
”Gambar”

Command Plus Options and Arguments
Perintah dapat berisi options untuk menunjukkan kondisi khusus. Jumlah argumen dan option yang banyak dapat meningkatkan tingkat kesalahan.
Contoh:
DIR C:\WINDOWS\*.EXE /S/W/P/O-N
ls -alF /home/agus

Hierarchical Command Structure
Perangkat penuh perintah disusun menjadi struktur tree, seperti menu tree.
Contoh:
Action Object DestinationCREATE File FileDISPLAY Process Local printerREMOVE Directory ScreenCOPY Remote printerMOVE
Contoh di atas menghasilkan struktur berarti bagi 5 × 3 × 4 = 60 tugas.

Urutan Argumen yang Konsisten
Beberapa studi menunjukkan adanya manfaat urutan argumen yang konsisten.

Simbol Lawan Keyword
Penggunaan keyword lebih mudah daripada simbol. Pemakai berpengalaman dapat mengembangkan keterampilan untuk menggunakan notasi aneh sehingga variasi sintaktik tidak banyak berpengaruh.

Symbol Editor
FIND:/TOOTH/-1
LIST;10
RS:/KO/,/OK/;*

Keyword Editor
BACKWARD TO “TOOTH”
LIST 10 LINES
CHANGE ALL “KO” TO “OK”

Struktur Hierarkis dan Kongruensi
Kongruen merupakan pasangan yang berlawanan secara selaras dan berarti (simetris). Struktur hierarkis dan kongruensi dapat membantu ingatan pemakai.
Ringkasan Manfaat Struktur
Sumber struktur yang terbukti bermanfaat meliputi :
• Konsistensi posisi
• Konsistensi tatabahasa
• Pasangan yang kongruen
• Bentuk hierarkis

Strategi Penyingkatan Perintah
• Pemotongan sederhana.
• directory : dir , delete :del .
• Buang huruf hidup dengan pemotongan sederhana.
• check disk: chkdsk , move mv .
• Huruf pertama dan terakhir.
• sort :ST , block ,K .
• Huruf awal setiap kata dalam frase.
• change directory: cd , switch user :su .
• Singkatan standar dari konteks lain.
• quantity :QTY , transfer : XFER , backup : BAK .
• Fonik: fokus pada suara.
• execute :XQT , I seek you :ICQ , connection : CNXN .

Menu Perintah
Untuk mengatasi beban penghafalan perintah, beberapa perancang memberikan daftar perintah yang tersedia, dalam format yang disebut menu perintah.

Natural-language interaction
Operasi komputer menggunakan bahasa alami manusia (mis. Inggris) untuk memberi instruksi dan menerima respons.

Natural-language queries
Operasi pada database relasional. Masih lebih buruk daripada SQL. Contoh: INTELLECT, Symantec Q&A.

Text-database searching
Untuk mencari database tekstual. Contoh: Ask Jeeves (ask.com).

Natural-language text generation
Digunakan untuk laporan (mis. Prakiraan cuaca, laboratorium medis). Di sisi artistik dapat menghasilkan puisi dan novel.

Adventure and educational games
Pemakai menyatakan gerakan dan perintah dengan bahasa alami. Menarik karena sistem tak dapat diramalkan dan perlu dijelajahi.

Leave a comment