Fakta Tentang Bahasa Indonesia

Berbanggalah kita sebegai masyarakat bangsa Indonesia. Keanekaragaman bahasa dari setiap bagian wilayah Indoensia menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang kaya akan bahasa. Berdasar sensus 2010 mencapai 237,641,326 yang tersebar pada 33 provinsi di Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang mempunyai 17.508 pulau. Indonesia terbentang antara 6 derajat garis lintang utara sampai 11 derajat garis lintang selatan, dan dari 97 derajat sampai 141 derajat garis bujur timur serta terletak antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia / Oceania. Jumlah ragam bahasa di Indonesia adalah 726, terdiri dari 719 bahasa lokal/daerah (masih aktif digunakan sampai sekarang), 2 bahasa sekunder tanpa penutur asli, dan 5 bahasa tanpa diketahui penuturnya. Walaupun begitu, Indonesia mempunyai 1 bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Posisi Indonesia yang strategis membawa pengaruh yang sangat besar terhadap bahasa, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi. Bahasa Indonesia dipengaruhi oleh bahasa Arab, India dan Eropa.

Indonesia

Jumlah ragam bahasa di Indonesia
1. Pulau Sumatera (35 ragam bahasa)
2. Pulau Jawa-Bali (13 ragam bahasa)
3. Pulau Nusa Tenggara dan Maluku barat daya (74 ragam bahasa)
4. Pulau Maluku :

  • Maluku Tengah (54 ragam bahasa)
  • Maluku Utara (25 ragam bahasa)
  • Maluku Selatan (46 ragam bahasa)

5. Pulau Kalimantan (74 ragam bahasa)
6. Pulau Sulawesi (114 ragam bahasa)
7. Pulau Papua :

  • Papua barat laut (62 ragam bahasa)
  • Papua timur (272 ragam bahasa)

Berbagai Suku Bangsa Indonesia

Berikut fakta-fakta seputar Bahasa Indonesia yang patut diketahui :

* Bahasa Indonesia sudah dimulai sejak abad ke 7 Masehi
Penyebutan pertama istilah “Bahasa Melayu” sudah dilakukan pada masa sekitar 683-686 M, yaitu angka tahun yang tercantum pada beberapa prasasti berbahasa Melayu Kuno dari Palembang dan Bangka. Prasasti-prasasti ini ditulis dengan aksara Pallawa atas perintah raja Sriwijaya, kerajaan maritim yang berjaya pada abad ke-7 sampai ke-12. Wangsa Syailendra juga meninggalkan beberapa prasasti Melayu Kuno di Jawa Tengah. Keping Tembaga Laguna yang ditemukan di dekat Manila juga menunjukkan keterkaitan wilayah itu dengan Sriwijaya.
Bahasa Melayu di Indonesia kemudian digunakan sebagai lingua franca (bahasa pergaulan), namun pada waktu itu belum banyak yang menggunakannya sebagai bahasa ibu. Bahasa ibu masih menggunakan bahasa daerah yang jumlahnya mencapai 360 bahasa.
Bahasa Indonesia secara resmi diakui sebagai bahasa nasional pada saat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional atas usulan Muhammad Yamin, seorang politikus, sastrawan, dan ahli sejarah. Dalam pidatonya pada Kongres Nasional kedua di Jakarta, Yamin mengatakan bahwa : “Jika mengacu pada masa depan bahasa-bahasa yang ada di Indonesia dan kesusastraannya, hanya ada dua bahasa yang bisa diharapkan menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Jawa dan Melayu. Tapi dari dua bahasa itu, bahasa Melayulah yang lambat laun akan menjadi bahasa pergaulan atau bahasa persatuan.“

* Bahasa Indonesia dipelajari oleh 45 Negara di dunia.
(Berita ini ditulis oleh http://www.kompas.com. Rabu, 29 Oktober 2008)
Isi berita Ini menegaskan jika bahasa Indonesia kini mulai dipelajari oleh 45 negara di dunia. Menurut Andri Hadi, negara yang mempelajari bahasa tersebut di antaranya adalah: Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya. Ia menjelaskan jika bahasa Indonesia menjadi bahasa popular keempat di Australia. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia di sana. Bahkan anak-anak murid kelas 6 sekolah dasar di sana sudah mahir berbahasa Indonesia.

* Bahasa Indonesia adalah bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh.
(Berita ini ditulis oleh http://www.kompas.com. Jumat, 12 Juni 2009)
Ho Chi Minh adalah ibukota negara Vietnam. Menurut seorang diplomat Indonesia. Pada bulan Desember 2007 Pemerintah Daerah Kota Ho Chi Minh, Vietnam, secara resmi mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh. Selain itu Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad di Jakarta mengatakan, “Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,”
Salah satu penyebab bahasa Indonesia begitu diminati oleh bangsa Vietnam antara lain karena kemungkinan meningkatnya hubungan bilateral antara Indonesia dengan Vietnam di masa depan.
Jika ingin membaca lebih lengkap beritanya, klik disini.

* Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia.
(Berita ini ditulis oleh http://www.antara.co.id. Selasa, 20 November 2007)
Dikutip dari web tersebut: “Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin,”

* Bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress.
(Artikel ini ditulis oleh http://amriltgobel.multiply.com pada 17 Januari 2009)
Penulis blog tersebut adalah salah satu pengguna multiply yang pernah mengikuti acara Wordcamp Indonesia. acara ini sebelumnya pernah diselenggarakan di Filipina dan Thailand.
Dikutip dari blog tersebut, “fakta bahwa setelah Spanyol, Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting-posting WordPress. Indonesia pun adalah negara kedua terbesar di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru WordPress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.”

Bahasa Manado
Bahasa Manado dituturkan penduduk di kota Manado, Bitung, kabupaten Minahasa dan sekitarnya. Memiliki kesamaan dengan dialek bahasa di Sulawesi Tengah dan Maluku. Sebagian besar kata-kata dalam bahasa Manado sama seperti kata-kata dalam bahasa Indonesia. Karena bahasa Manado hanya digunakan untuk komunikasi lisan, tidak ada standar ortografi/tulisan yang pernah disahkan.

Bahasa Manado berhubungan dekat dengan bahasa Indonesia. Perbedaannya yang paling mendasar adalah dengan adanya kata-kata serapan dari bahasa Belanda dan Portugis, serta penggunaan “kita” sebagai kata ganti orang pertama tunggal (yang dalam bahasa Indonesia digunakan untuk kata ganti orang jamak tunggal).

Berikut merupakan contoh kata serapan bahasa Manado dari bahasa Asing.

Beberapa contoh bahasa Manado dari serapan bahasa Asing

 

Sumber :

http://www.bps.go.id

http://dreamindonesia.wordpress.com/

http://www.ethnologue.com/

http://www.indonesia.bg/

http://archive.kaskus.us/thread/2562906

http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Manado

About these ads

One thought on “Fakta Tentang Bahasa Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s